Paramadina Graduate Schools

Home Programs Program Magister Ilmu Agama Islam

Program Magister Ilmu Agama Islam

E-mail Cetak PDF

Profil

Modernisasi, pembangunan, dan globalisasi telah menghadapkan agama pada tantangan-tantangan yang tidak pernah ada sebelumnya. Apakah agama hanya akan menjadi persoalan pribadi dan kehilangan relevansinya dalam menghadapi peristiwa-peristiwa sejarah, situasi-situasi sosial baru dan penemuan-penemuan baru serta ciptaan-ciptaan baru? Lebih dari sebelumnya, sekarang semakin disadari bahwa sepanjang sejarah, agama telah mengambil tempat sentral dalam kehidupan hampir semua peradaban dan kebudayaan. Selain memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan fundamental seperti hakikat kehidupan, kehidupan setelah kematian, penderitaan manusia dan ketidakadilan, agama juga menanamkan kebajikan sosial, mempromosikan solidaritas sosial, agen sosialisasi dan kontrol sosial, mempromosikan kesejahteraan, memberikan rekreasi, memengaruhi ekonomi dan  politik,  memberikan ketenangan jiwa dan menguatkan kepercayaan diri.

Program Magister Ilmu Agama Islam (PMIAI) menawarkan tempat yang menarik bagi para professional dan mereka yang berlatar belakang disiplin ilmu-ilmu sosial, kemanusiaan dan sains seperti politik, ekonomi, psikologi, sastra, seni, filsafat, fisika, matematika, teknik dan lain-lain, untuk memperkaya pengetahuan mereka dengan mempelajari agama (Islam) dalam perspektif yang luas dan mencerahkan. PMIAI juga tempat yang sesuai bagi para aktivis sosial, wartawan dan pegiat hak-hak asasi manusia, keadilan sosial, dan demokrasi, untuk memperluas wawasan mereka dalam bidang yang mereka geluti. Tentu saja kami juga mengundang mereka yang berlatar belakang studi Islam untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Islam dan agama dan peradaban lain. Bagi semua mahasiswa, PMIAI membantu pemahaman tentang Islam dan hubungannya dengan aspek-aspek kehidupan manusia seperti politik, ilmu-pengetahuan, sastra, seni, hukum, ekonomi dan masalah-masalah internasional. PMIAI membekali mahasiswa untuk memahami agama khususnya Islam dengan memanfaatkan alat dari berbagai bidang akademik lainnya: filsafat, sastra, sejarah, sosiologi, politik, antropologi, psikologi, dan teologi itu sendiri, dan, koneksi dan keterkaitan antar disiplin itu dalam mempelajari dinamika dan interaksi antara ajaran dan praktik, antara ajaran normatif dan kenyataan historis, antara konteks global dan lokal.

Visi Program

Visi Program Magister Ilmu Agama Islam adalah menjadi program studi Islam yang terkemuka dan mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya memahami ajaran dan peradaban Islam namun juga menjiwai aspek-aspek kehidupan (sains dan teknologi, sosial-budaya, lingkungan alam, ekonomi, politik) dengan nilai-nilai moral dan etika Islam bagi kemaslahatan dan kebahagiaan masyarakat, bangsa dan umat manusia.

Misi Program:

1. Mempelajari agama secara ilmiah, rasional dan apresiatif sebagai sumbangan bagi terwujudnya masyarakat yang adil, makmur dan demokratis yang dijiwai nilai-nilai keruhanian dan kemanusiaan.

2. Mengembangkan wawasan berpikir keislaman yang progresif, terbuka, dan inklusif; mengembangkan kesadaran berpikir sosial yang kritis, sehingga dapat menyumbangkan gagasan dalam perwujudan cita-cita mewujudkan masyarakat Indonesia yang beradab, sebuah masyarakat madani.

3. Mendorong semangat dan pendekatan dialogis dalam mempelajari Islam dengan agama-agama dan tradisi yang lain untuk bersama-sama mewujudkan persaudaraan dan perdamaian antar agama dan peradaban.

4. Memajukan penelitian sejarah dan warisan tradisi Islam nusantara (kawasan budaya Islam Melayu/Asia Tenggara) sebagai bagian dari upaya konstekstualisasi Islam dalam masyarakat dan kebudayaan Indonesia.

 

Tujuan Program:

1. Mendorong pengembangan karya-karya ilmiah yang kritis, independen dan matang di bidang studi agama dan peradaban Islam dan agama-agama dan peradaban lain.

2. Menyelenggarakan program pasca sarjana Studi Islam yang memiliki standar dan kualitas akademik yang tinggi.

3. Mengembangkan pemahaman dan kerjasama antar agama, tradisi budaya dan peradaban.

4. Mendorong kehidupan masyarakat dan bangsa yang dijiwai oleh prinsip-prinsip etika dan moral

5. Menyuburkan pemahaman dan penghayatan warisan spiritual dan intelektual Islam di kawasan budaya Melayu (Nusantara) dan kawasan budaya Islam lainnya untuk disumbangkan pada cita-cita kemanusiaan universal.

 

Calon Mahasiswa

PMIAI UPM menerima calon mahasiswa baik yang mempunyai latar belakang studi Islam atau studi agama mau pun bagi mereka yang ingin lebih lanjut mempelajari ilmu-ilmu keislaman dan berasal dari latar belakang keilmuan/disiplin di luar ilmu-ilmu keislaman atau keagamaan.

 

Kompetensi Lulusan

1. Memiliki kemampuan berpikir kritis, terbuka, kreatif dan berakhlak mulia di dalam menjalankan keahlian profesionalnya di kemudian hari.

2. Mempunyai kapasitas untuk mengembangkan karya-karya ilmiah yang kritis, independen dan matang di bidang studi agama dan peradaban Islam dan agama-agama dan peradaban lain.

3. Memahami warisan spiritual dan intelektual Islam serta keterkaitan antara nilai-nilai dan ilmu pengetahuan.

4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan kehidupan masyarakat, bangsa dan pergaulan internasional yang saling menghormati, menghargai di antara berbagai penganut agama dan tradisi yang berbeda serta menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral.

5. Memahami nilai-nilai tradisi Islam di kawasan budaya Islam Melayu/Asia Tenggara) dan sumbangannya bagi sintesa dan perpaduan keislaman, kemanusiaan dan keindonesiaan.

6. Menghayati pentingnya prinsip-prinsip etika dan moral serta spiritualitas dalam menjalankan tugas dan profesi.

7. Mempunyai integritas dan etika akademis

 

Metode Perkuliahan:

1. Ceramah dan diskusi

2. Pembuatan makalah didasarkan pada hasil penelitian

3. Penugasan membaca dan membuat ulasan buku/laporan penelitian

4. Pembuatan tinjauan kepustakaan

 

DOWNLOAD BROSUR PDF [klik disini]

Terakhir Diperbaharui ( Jumat, 18 Maret 2016 15:31 )  

JEvents Calendar

September 2017
S M T W T F S
27 28 29 30 31 1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30